Tuesday, 10 February 2015

3 Alasan Mengapa Yogurt Baik untuk Memenuhi Nutrisi di Masa Kehamilan

By: Strawberry Girl

Semua ibu tentu menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Karenanya, berbagai cara ditempuh demi mewujudkan hal ini. Mulai dari memberikan suplemen tambahan hingga mengikutsertakan anak-anak ke berbagai kursus dan pelatihan.

Padahal, tahukah? Selain dipengaruhi gen bawaan serta beragam les yang diberikan, penelitian membuktikan ada kaitan langsung antara kecerdasan dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu di masa kehamilan. Riset menunjukkan, anak-anak yang terlahir dari ibu yang kebutuhan gizinya terpenuhi umumnya tumbuh lebih sehat dan cerdas ketimbang yang tidak.     

Sayangnya, gejala mual-muntah di awal kehamilan seringkali menghalangi ibu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka semasa hamil. Tak hanya mengganggu kelancaran mereka dalam beraktivitas, gejala yang dikenal dengan istilah morning sickness ini juga menurunkan nafsu makan mereka. Alhasil, jangankan memenuhi kebutuhan nutrisi janin, memastikan kebutuhan nutrisi untuk diri sendiri terpenuhi pun rasanya sulit.

Terkait hal ini, memilih asupan yang disukai bisa jadi solusi. Asupan dengan rasa yang menyenangkan dan friendly di lidah akan membantu mengusir rasa enggan untuk makan. Yogurt salah satu asupan yang bisa diandalkan. Selain rasanya menyenangkan dan tidak memicu mual, beberapa hal berikut menjadi alasan pendukung mengapa yogurt cocok dan disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi di masa kehamilan: 

Melindungi Tubuh dari Paparan Logam Berat

Selain membawa efek baik bagi saluran cerna dalam tubuh, bakteri baik pada yogurt mampu melindungi tubuh dari paparan logam berat. Hal ini diungkapkan peneliti setelah menemukan kaitan positif antara konsumsi yogurt dengan menurunnya tingkat paparan merkuri dan arsen pada wanita hamil.

Tinggi Kalsium

Kalsium dibutuhkan tubuh setiap hari untuk menutrisi tulang dan gigi. Kebutuhan kalsium harian tiap orang pun berbeda, tergantung umur dan aktivitas yang dijalani.

Kehamilan pun mempengaruhi kebutuhan kalsium tubuh. Saat hamil, secara otomatis kebutuhan tubuh akan kalsium pun bertambah demi memastikan kesehatan tulang calon ibu dan bayi kelak.

Dengan kalsium yang tinggi dan sifatnya yang tidak mengundang mual, yogurt menjadi alternatif pilihan yang tepat bagi para ibu dalam mencukupi kebutuhan kalsium di masa kehamilan.

Sumber Asam Folat dan Protein

Selain kalsium, asupan yang kaya asam folat dan protein juga penting. Asam folat berperan dalam proses pembentukan sistem syaraf pusat pada janin serta berpengaruh pada kecerdasan anak nantinya.

 

Selain dari sayur dan buah, kebutuhan asam folat juga bisa dipenuhi dengan cara yang nikmat, yakni melalui konsumsi yogurt.