Friday, 13 March 2015

5 Asupan Alami yang Membantumu Menjaga Kesehatan Pencernaan

By: Strawberry Girl

Sebagai pintu gerbang utama semua sari-sari makanan yang akan menutrisi tubuh, kondisi sistem pencernaan jelas berpengaruh terhadap kebugaran tubuh secara keseluruhan. Karenanya, menjaga kesehatan pencernaan adalah salah satu langkah pertama yang wajib dilakukan kala dirimu menginginkan tubuh yang senantiasa bugar, Yogurtarian.

Terkait hal ini, yuk ketahui beberapa asupan alami berikut yang bisa membantumu menjaga kesehatan pencernaan:

Gandum Utuh

Selain menjadi sumber energi bagi tubuh dengan kandungan karbohidrat kompleksnya, gandum utuh tinggi kandungan serat yang akan membantu melancarkan kerja sistem pencernaan sekaligus menyehatkannya.

 

Alpukat

Untukmu yang kerap terganggu dengan nyeri dan gangguan lambung lainnya, alpukat bisa jadi solusi. Serat dan daging buah alpukat merupakan anti inflamasi yang baik dan akan membantu mengatasi gas berlebih di lambung.

Tak hanya itu, lemak pada daging buah alpukat juga membantu tubuh untuk mencerna protein-protein berat.

 

Yogurt

Sejak lama, asupan alami dengan rasa memikat ini juga menjadi salah satu asupan tersehat dalam melancarkan sistem pencernaan. Hal ini tak lain adalah karena kandungan bakteri baik di dalamnya.

Bakteri baik pada yogurt membantu menjaga keseimbangan asam lambung dan usus. Karenanya, tak mengherankan jika konsumsi rutin asupan alami ini tergolong cara paling menyenangkan dalam menjaga kesehatan pencernaan.

 

Asparagus

Asupan alami selanjutnya yang juga baik dalam menjaga kesehatan pencernaan ialah asparagus. Sayuran yang satu ini diketahui mengandung serat pangan inulin yang di dalam usus besar akan menjadi makanan bagi para bakteri baik usus. Ketika jumlah bakteri baik meningkat, proses pencernaan yang berlangsung di dalamnya pun semakin lancar sehingga sari-sari makanan bisa terserap lebih optimal.

 

Pepaya

Kesehatan sistem pencernaan juga mencakup kelancaran dalam proses eskresi sisa makanan. Berbicara seputar proses eksresi, pepaya sudah menjadi primadona ternama dalam hal ini.

Kandungan enzim papain dan serat di dalam buah ini akan secara alami membantu melunakkan feces sehingga lebih mudah dikeluarkan. Selain itu, papain juga diyakini mampu melawan parasit dalam usus yang merugikan sistem pencernaan. (nits)