Friday, 13 March 2015

Bekas Jerawat? Hilangkan dengan Cara Berikut!

By: Strawberry Girl

Meski bukan termasuk penyakit kulit, keberadaan jerawat pada wajah jelas menyebalkan ya, Yogurtarian? Bagaimana tidak? Di samping menimbulkan rasa sakit pada kulit, jerawat juga mengganggu penampilan dan membuat wajah sulit dirias. Belum lagi kemungkinan timbulnya bekas setelahnya. Ini semua tak jarang membuat banyak orang stress!

Namun, asalkan ditangani dengan tepat, sebenarnya masalah kulit yang cukup mengganggu ini bisa saja lho diusir tanpa khawatir menimbulkan bekas setelahnya. Berikut caranya:   

Konsultasikan pada Dokter

Hal pertama harus dilakukan ketika jerawat di wajah tergolong parah dan dirimu menginginkan mereka hilang tanpa meninggalkan “jejak” adalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Langkah ini jelas penting, mengingat terdapat beberapa jenis jerawat dan hal ini membuatnya membutuhkan perawatan yang berbeda.

Lewat konsultasi dengan sang ahli, kita akan benar-benar mengenali jerawat jenis apa yang tengah bertengger di wajah, sekaligus penanganan yang tepat untuk jenis jerawat itu agar nantinya tak meninggalkan “jejak”. 

Pilih Sabun Wajah dengan Antibakterial Alami

Terdapat beberapa bahan yang diketahui menjadi antibakterial alami sehingga pas digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat. Sulfur dan tea tree adalah beberapa di antaranya.

Pilihlah sabun wajah dengan kandungan salah satu bahan tadi untuk memerangi bakteri penyebab jerawat di wajah.

Hindari Pembersih Wajah Mengandung Scrub

Saat berjerawat, kulit mengalami peradangan dan cenderung menjadi lebih sensitif. Karenanya, jika biasanya dirimu memilih facial foam dengan butiran scrub halus untuk memaksimalkan pembersihan pori-pori kulit, beralihlah ke facial foam tanpa scub selama kulit berjerawat.

Scrub pada facial foam berpotensi mengikis sel kulit mati di lapisan teratas. Hal ini justru membuka peluang terjadinya peradangan kulit di sekitar jerawat semakin parah. 

Minimalkan Konsumsi Makanan Berkalori Tinggi, Berminyak, atau Terlalu Pedas

Selain perawatan dari luar, mempercepat proses penyembuhan jerawat agar tidak menimbulkan bekas juga bisa dilakukan dari dalam. Menjaga pola makan salah satunya.

Selama peradangan pada kulit terjadi, perbanyak konsumsi air putih dan serat, serta kurangi konsumsi asupan berkalori tinggi, berminyak, dan terlalu pedas. Hal ini akan membantu produksi sebum di kulit wajah lebih terkontrol.

Jangan Terlalu Sering “Bereskperimen” pada Jerawat

Meski tanganmu sudah “gatal” ingin mengenyahkan si merah jambu itu dari wajah segera, usahakan untuk tidak tergoda melakukan “eksperimen” berlebih. Beberapa “eksperimen” terlarang ini diantaranya memencet dan menyentuhnya terlalu sering.

 

Perpindahan bakteri dari tangan ke wajah berpotensi membuat jerawat semakin meradang sehingga berpotensi meninggalkan bekas di kulit.