Saturday, 21 March 2015

Coconut Water? Why Not!

By: Strawberry Girl

Selain air putih, air kelapa menjadi salah satu cairan alami terpopuler dalam menghidrasi tubuh. Tak berhenti sampai di situ, kini bahkan makin banyak produsen yang menghadirkan air kelapa dalam wujud minuman kemasan yang lebih modern. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Setidaknya berikut beberapa hal yang mendasari mengapa para produsen itu memilih mengemas air kelapa, bukan cairan alami lainnya:


Air Kelapa Mengandung Zat Elektrolit

Dalam air kelapa terdapat zat-zat elektrolit yang susunannya sesuai dengan elektrolit  tubuh. Beberapa komponen elektrolit alami yang ditemukan dalam air ini dia antaranya kalsium, natrium, kalium, dan magnesium.

Menyegarkan Tanpa Kalori Berlebih

Kesegaran yang ditawarkan air kelapa sarat akan gizi namun tetap rendah lemak dan kalori. Karenanya, mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan konsumsi air ini tak akan menyebabkanmu mengalami kegemukan.

Membantu Mengontrol Suhu Tubuh

Berbeda dengan cairan lainnya, selain menyegarkan, air kelapa juga sekaligus memberikan cooling effect untuk saluran cerna dan tubuh secara keseluruhan.

Tak berhenti sampai di situ, peradangan yang terjadi akibat sistem kerja lambung juga bisa diminimalisir dengan kandungan asam laurat dari cairan alami ini.

Rendah Gula

Manfaat zat yang terkandung dalam air kelapa juga bisa dinikmati mereka yang menderita jantung dan diabetes karena kandungan gulanya yang rendah.

Karena rendah gula, air kelapa juga kerap menjadi pilihan bagi mereka yang tengah dalam proses penurunan bobot tubuh.

 
Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tak sekadar menghilangkan rasa lelah, air kelapa juga mengandung enzim bioaktif. Enzim ini akan secara efektif membantu metabolisme tubuh meningkat, inilah mengapa air kelapa membuatmu lebih cepat berenergi.

 

Menetralisir Racun dalam Tubuh

Untuk sistem pencernaan, air kelapa bermanfaat menetralisir beragam racun dan zat berbahaya di dalamnya. Karenanya, air kelapa (terutama kelapa hijau) banyak dimanfaatkan sebagai bahan alami kala sistem pencernaan terganggu. Di samping itu, air kelapa juga menjadi obat alami bagi infeksi saluran urin.


Manfaat Kecantikan

Selain beragam manfaat kesehatan, air kelapa juga memiliki segudang manfaat kecantikan. Untuk rambut misalnya, air kelapa diketahui mampu mengurangi kerontokan yang terjadi dengan meningkatkan sirkulasi darah di tubuh, termasuk kepala.

 

Sementara, untuk kecantikan kulit air kelapa menjadi cairan alami yang baik dikonsumsi bagi mereka yang mendambakan kulit mulus bebas jerawat.(nits)