Saturday, 21 March 2015

Deteksi & Cegah Kanker yang Banyak Menyerang Wanita ini!

By: Strawberry Girl

Masuk ke dalam daftar deretan penyakit paling mematikan di dunia membuat kata ‘kanker’ sudah tak asing lagi di kalangan banyak orang, termasuk pula dirimu kan, Yogurtarian? Ya, karena risiko kematian yang dibawanya tinggi, kanker memang menjadi momok tersendiri bagi dunia kesehatan.

 

Ada berbagai jenis kanker yang bisa saja terjadi baik pada pria maupun wanita. Namun, beberapa jenis kanker berikut diketahui menjadi kanker ganas yang paling banyak menyerang wanita:

 

Kanker Serviks


Kanker yang juga dikenal dengan sebutan kanker leher rahim ini terjadi karena adanya infeksi di bagian serviks yang disebabkan oleh virus. Infeksi ini terjadi lewat perantara aktivitas seksual yang tak sehat.

 

Meski kini berbagai vaksin telah dikembangkan untuk mencegahnya, keberadaannya yang sulit terdeteksi membuat banyak wanita terlambat menyadari hadirnya penyakit ini. Karenanya, penting bagi kita para wanita untuk memeriksakan secara rutin kondisi kesehatan organ serviks

 

Kanker Rahim
Seiring dengan maraknya pola hidup tak sehat serta tingginya angka obesitas, kanker rahim kian menjadi kanker ganas yang wajib diwaspadai tiap wanita. Dari sekian banyak jenis kanker ini, endometrium yakni jenis yang menyerang area uterus menjadi yang paling umum.

 

Beberapa pertanda semisal haid yang tidak teratur serta adanya pendarahan wajib diwaspadai sebagai gejala awal hadirnya penyakit mematikan ini.

 

Kanker Ovarium

Sama halnya dengan kanker serviks, kanker yang satu ini juga sulit terdeteksi karena tidak disertai gejala-gejala tertentu di awal kehadirannya. Untuk itu, memeriksakan diri secara rutin menjadi hal yang penting, terlebih bagi dirimu yang memiliki bobot tubuh berlebih.

 

Kanker Payudara

Meski tak hanya menyerang kaum wanita, penyakit ini jelas menjadi momok mengerikan tersendiri setelah setiap tahunnya berhasil menjadi salah satu faktor penyebab kematian terbanyak para wanita. Berbeda dengan jenis kanker lainnya, terdapat gejala-gejala awal yang menandai kehadiran penyakit mematikan ini yakni adanya benjolan di area payudara.

Beberapa pertanda yang wajib diwaspdai sebagai gejala kanker payudara yakni benjolan yang membuat payudara berubah bentuk dan ukuran, perubahan warna kulit di area payudara, putting payudara terlepas atau hilang, rasa terbakar di area sekitar payudara, dan keluarnya cairan dari payudara di luar masa menyusui.

 

Kanker Kulit

Kanker ini terjadi karena adanya pengerusakan jaringan kulit oleh paparan sinar UV. Ketika paparan sinar UV terjadi terlalu sering, UV akan masuk ke area dermis dan merusak DNA sel-sel kulit. Belum lagi kesenangan kaum wanita dalam mengaplikasikan berbagai produk kecantikan ke kulit mereka. Padahal produk-produk itu tak jarang mengandung berbagai bahan kimia.