Saturday, 21 March 2015

Komedo? Yuk Atasi dengan Tips ini!

By: Strawberry Girl

Selain jerawat, komedo menjadi salah satu masalah kulit lainnya yang paling populer bagi perempuan. Tak main-main, meski ukurannya kecil, komedo bisa membuat wajah kelihatan kusam dan tidak terawat. Belum lagi jika komedo itu adalah jenis komedo hitam.

Sebenarnya ada banyak faktor pemicu hadirnya komedo di kulit wajah. Beberapa di antaranya yaitu pola makan dan kebiasaan buruk tidak menjaga kebersihan wajah dengan baik. Nah, sebelum dirimu dibuat pusing dengan komedo membandel yang bikin penampilan gagal maksimal, yuk ketahui beberapa trik sederhana untuk mengantisipasi hadirnya komedo membandel berikut ini:

Menjaga Kebersihan Wajah

Komedo hadir karena kotoran terlanjur menyumbat pori-pori wajah. Sebenarnya, saat menempel di wajah, kotoran tidak langsung serta-merta menyumbat kok. Kotoran baru akan menyumbat ketika ia dibiarkan cukup lama bertengger tanpa dibersihkan.

Terkait hal ini, menjaga kebersihan menjadi trik sederhana pertama yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi komedo bertengger di wajah. Agar pembersihan maksimal sampai ke pori-pori, jangan malas gunakan air hangat ya.

Pilih Produk Perawatan Wajah Berbasis Air, Bukan Minyak

Selain kotoran dari luar, kandungan minyak berlebih dalam produk perawatan wajah yang diaplikasikan setiap hari juga bisa menyebabkan pori-pori tersumbat. Karenanya, untuk menghindar dari komedo membandel, pilihlah produk perawatan wajah berbasis air, bukan minyak, terlebih jika jenis kulitmu memang kulit berminyak.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Sebagai zat cair yang ringan, air putih berfungsi sebagai peluruh zat-zat dalam tubuh, termasuk lemak berlebih yang memicu timbulnya komedo. Minum air putih secara rutin 8 gelas per hari juga akan membuat kulit lebih lembap dan menghidrasi pori-pori. Dengan kulit yang lebih lembap dan pori-pori terhidrasi komedo yang terlanjur hadir di wajah akan lebih mudah diangkat.

Hindari Makanan Berlemak dan Berminyak

Pola makan yang berminyak dan berlemak juga akan mempercepat terbentuknya komedo di kulit wajah. Sebagian dari minyakpada  makanan yang dirimu konsumsi akan meningkatkan sebum di kulit wajah dan kemudian meyumbat pori-pori kulit.

Rutin Berolahraga

 

Tubuh memiliki mekanisme pembersihan diri melalui proses eksresi. Aktif bergerak dan berolahraga akan memperlancar proses eksresi melalui keringat. Secara alami, keringat hasil latihan fisik yang dirimu lakukan akan mendorong kotoran-kotoran yang menyumbat jalan keluar mereka (komedo). Dengan begitu, rajin olahraga masuk ke dalam salah satu cara terbaik mengatasi komedo membandel maupun mengantisipasinya. (nits)