Tuesday, 10 February 2015

Kuku, hal yang Sering Terlewatkan untuk Dirawat

By: Strawberry Girl

Selain keindahan dan kecantikannya, kekuatan kuku termasuk hal utama yang tak boleh luput dari perhatian kita. Ya, bagaimanapun kita memang tak bisa hanya terus-menerus memperhatikan soal poles-memoles warna, tetapi juga harus peduli pada kondisi kuku dan kekuatannya. Sebab jika tidak, kuku akan cenderung rapuh, mudah patah, dan pada akhirnya kehilangan keindahannya. Ada beragam hal yang bisa kita lakukan dalam menjaga kekuatan kuku. Berikut beberapa di antaranya:

Cermat Memilih Kuteks

Sudah menjadi rahasia umum bahwa hingga kini banyak kuteks yang masih menggunakan bahan-bahan berbahaya bersifat karsinogenik seperti formaldehida dan dibutil flalat. Tak hanya membahayakan kekuatan kuku, dua bahan kimia ini juga membahayakan kesehatan penggunanya secara keseluruhan.

Meski penggunaan dua bahan yang sering dikaitkan dengan pertumbuhan sel kanker dan masalah kesuburan wanita ini sudah dilarang, keduanya masih kerap ditemukan pada beragam produk kosmetik termasuk kuteks.  Tak berhenti sampai di situ, bahan kimia lain yang membahayakan syaraf pun masih sering ditemukan.

Karenanya, untuk menghindari beragam risiko kesehatan karena paparan bahan-bahan kimia ini, selektivitas yang tinggi dan kecermatan mutlak diperlukan dalam memilih kuteks.

Beri Jeda Antar Penggunaan Kuteks yang Satu dengan yang Lain

Sudah menjadi hal yang umum jika perempuan gemar mengaplikasikan kuteks pada kuku-kuku mereka. Selain kuku terlihat lebih menarik karena colourful, warna dan pernak-pernik yang menghiasi kuteks pada kuku juga seringkali digunakan banyak wanita sebagai ciri khas dan identitas. Apa dirimu pun demikian?

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa kuteks tidak boleh diaplikasikan terlalu sering. Peraturan ibi tetap berlaku, bahkan ketika dirimu sidah selektif memilih kuteks sekalipun.

Selain memberi kuku waktu untuk beristirahat sejenak dari paparan bahan kimia, pemberian jeda antar waktu pengaplikasian kuteks juga akan meminimalkan risiko paparan bahan kimia ke tubuhmu

Pijat Kutikula dengan Minyak Zaitun

Jangan lupa, kelancaran peredaran darah di sekitar daerah kutikula juga akan berimbas pada pertumbuhan dan kekuatan kuku. Untuk itu, jangan malas memberikan pijatan ringan pada area kutikula untuk memperlancar sirkulasi darah di sekitar kuku dan membuatnya tumbuh lebih kuat.

Rendam Kuku dalam Air Sebelum Memotongnya

Merendam kuku di dalam air akan membantu membuat kuku menjadi lebih lunak. Melakukan kebiasaan ini sesaat sebelum memotong kuku tentu akan memudahkan proses pemotongan dan menghindarkan terjadinya patah kuku dan hal-hal tak diinginkan lainnya.

Konsumsi Vitamin Khusus Kuku

Beberapa suplemen seperti suplemen vitamin E dan biotin diketahui mampu memberikan efek baik berupa peningkatan kekuatan kuku dan mempercepat pertumbuhannya. Oleh karena itu, berusahalah menutrisi kuku dengan konsumsi suplemen ini. Sebagai informasi, yogurt juga tepat menjadi alternatif pilihan lho! (nits)