Thursday, 22 January 2015

Think Healthy, Be Yogurtarian

By: Miss Heavenly Blush

Ingin sehat? Jadilah yogurtarian alias pengonsumsi yogurt. Olahan susu hasil fermentasi ini tidak hanya segar tetapi juga kaya manfaat. Menurut dr.Pauline Endang Praptini, MS,SpGK, yogurt memiliki banyak kandungan hebat. “Yogurt mengandung protein, vitamin, dan mineral serta  bakteri baik; Lactobacillus Bulgaris dan Streptococcus Thermopiles yang mempunyai sifat sebagai probiotik untuk mengatur keseimbangan mikroflora usus. Prebiotik dalam bentuk serat larut akan difermentasi oleh probiotik di dalam usus besar. Serat larut akan berubah menjadi asam lemak rantai pendek yang berguna untuk menutrisi sel-sel usus besar. Ini berguna untuk menghindari ragam penyakit, seperti diare, sembelit, ambeien dan kanker usus besar.

Yogurt pun memiliki manfaat khusus bagi wanita, yaitu dapat mencegah munculnya jamur Candida Albican penyebab infeksi pada vagina, dengan gejala keputihan, rasa gatal dan ketidaknyamanan pada kemaluan wanita,”  jelas dr. Pauline lebih jauh.

Tertarik menjadi yogurtarian? Konsumsi yogurt dua kali sehari atau tepatnya 200 gram dan pastikan yogurt yang dikonsumsi tidak mengandung lebih dari 2% senyawa pembentuk tekstur atau pengemulsi, belum kadaluwarsa serta berkemasan utuh.

Foto: Model