Thursday, 26 March 2015

Tips Agar Kaki Tetap Sehat Meski Pakai Heels

By: Strawberry Girl

Sebagai wanita yang aktif dan fashionable, high heels dan rutinitasmu tentu sulit terpisahkan satu sama lain ya, Yogurtarian? Memang sih, selain karena alasan fashion, dalam beberapa kondisi, penggunaan heels juga direkomendasikan untuk memperkuat kesan profesional. Di lingkungan kantor misalnya.

Namun, seperti yang telah dibahas pada artikel sebelummya, heels termasuk salah satu fashion item wanita yang bisa mengakibatkan nyeri punggung lho! (Baca: Awas! Ini Fashion Item Perempuan yang Tanpa Sadar Memicu Nyeri Punggung). Tak hanya itu, fashion item yang cantik ini juga disebut-sebut bisa mengubah cara berjalan dan postur tubuh ketika digunakan terlalu sering.

Untuk itu, agar bisa tetap tampil fashionable sesering mungkin dengan heels cantikmu, yuk ketahui beberapa poin “aturan penggunaan heels” berikut agar kakimu tetap sehat meski pakai heels setiap hari!

Jangan Lupa Pemanasan

Dengan ketinggian hak-nya, selama penggunaannya heels membuatmu mau tidak mau harus siap berdiri dalam kondisi jinjit. Kondisi ini akan secara otomatis membuat tarikan dan tekanan pada otot-otot tertentu di kaki, Yogurtarian. Dengan kata lain, karena menghadirkan tarikan dan tekanan pada otot-otot tertentu di kaki, menggunakan heels ibarat olahraga lho bagi kakimu.

Karenanya, jangan lupa untuk melakukan pemanasan setiap kali sebelum heels digunakan ya! Pemanasan akan membuat otot-otot kakimu lebih siap bergelut dengan berbagai tarikan dan tekanan. Dengan begini, kram dan pegal-pegal pun terminimalisir.

Pastikan Ukurannya Sesuai

Sudah harus berjinjit, jangan lagi tambahkan “beban” pada kakimu berupa rasa sakit karena ukuran sepatu yang tidak sesuai ya! Ingat, selain berpotensi membuat kaki luka dan lecet, ukuran yang terlalu sempit juga akan mengganggu peredaran darah di sekitar kaki dan membuatnya sulit “bernapas”.

Di sisi lain, ukuran yang kebesaran juga tidak baik. Ini akan membuatmu merasa tidak nyaman --dan pada akhirnya cepat pegal-- karena harus bolak-balik mengupayakan agar heels tetap menempel indah di kaki.  

Variasikan Tinggi Heels

Selain ukuran sepatunya, variasikan juga tinggi heels yang digunakan. Jika hari ini sudah menggunakan yang hak-nya setinggi 10 cm misalnya, usahakan untuk menggunakan sepatu lain yang hak-nya lebih rendah keesokan harinya.

Dengan hak yang bervariasi seperti ini, otot-otot kaki pun memiliki waktu untuk beristirahat dan tidak terus-menerus dipaksa “bekerja” untuk sudut berdiri yang ekstrim.

Istirahatkan

Jika bisa, tak ada salahnya untuk absen dari pemakaian heels sejenak. Namun jika tidak, cukup istirahatkan kaki dengan melepas heels-mu di sela-sela aktivitas ketika dimungkinkan.

 

Selain itu, berikan juga pijatan lembut pada kaki untuk merilekskan otot-ototnya. (nits)