Friday, 13 March 2015

Yuk, Atasi Secara Tepat Jerawat di Wajah di Masa Kehamilan!

By: Strawberry Girl

Jerawat selalu menjadi masalah tersendiri bagi setiap orang, tak terkecuali para ibu hamil. Ya, perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan memang tak jarang menjadi faktor utama para ibu hamil mengalami jerawat berlebih di wajah mereka. Namun, mengingat kondisinya yang sedang hamil, penanganan jerawat yang bisa dilakukan tentu menjadi berbeda.

Untukmu para Yogurtarian yang juga tengah kesal dengan masalah jerawat di masa kehamilan, yuk baca tuntas artikel berikut untuk mengetahui beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menuntaskan jerawat di masa kehamilan:

Hati-hati Memilih Obat Jerawat

Meski masalah kulitnya sama, kehati-hatian dalam memilih solusi untuk wajah di masa kehamilan menjadi lebih urgent, Yogurtarian. Pasalnya, salah pilih solusi bisa berimbas fatal untuk janin dalam kandunganmu lho!

Ketahuilah, beberapa zat dalam obat jerawat ternyata tidak disarankan untuk perempuan selama masa kehamilan. Accutane misalnya. Zat ini disebut-sebut bisa menyebabkan cacat janin. 

Hindari Metode Pembersihan Jerawat dengan Chemical Peeling maupun Laser

Hal berikutnya yang sebaiknya dihindari dalam mengatasi jerawat di wajah di masa kehamilan adalah metode laser maupun chemical peeling.

Meski jerawat di wajah sudah tergolong parah, chemical peeling sebaiknya tidak menjadi pilihan karena beberapa kandungan yang digunakan selama metode perawatan ini tidak dianjurkan bagi para ibu hamil. Beberapa kandungan itu di antaranya retinoid dan asam salisil.

Prioritaskan Perawatan Alami

Ketimbang pusing memilah perawatan wajah, coba prioritaskan perawatan secara alami. Salah satu yang mudah dicoba di antaranya yaitu terapi air hangat.

Caranya pun terbilang mudah. Cukup basuh wajah dengan air hangat menggunakan kapas, kemudian ikuti dengan air dingin, dan tuntaskan dengan es batu sebagai penutup. Ketika dilakukan secara rutin, cara sederhana ini bisa kok menjadi solusi tanpa efek samping untuk kulitmu.

Pilih Kosmetik Berbahan Dasar Air, Bukan Minyak

Untukmu yang tetap aktif bergelut dengan beragam rutinitas di luaran selama hamil, penggunaan make-up tentu sulit dihindari. Nah, agar make-up yang kamu aplikasikan tidak menambah parah masalah yang tengah terjadi di wajahmu, pilihlah kosmetik berbahan dasar air, bukan yang berbahan dasar minyak.

 

Kosmetik berbahan dasar minyak hanya akan meningkatkan kadar sebum pada wajah dan membuatnya lebih mudah berjerawat ketika terkena debu dan polusi. (nits)